Pelaksanaan Qurban di Lingkungan Madrasah

Posted on

Idul Adha dapat diartikan kembali berkurban atau hari raya penyembelihan hewan kurban, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu (ia berkata); Bahwasanya Nabi shallallaahu alaihi wa sallam telah bersabda; Shaum/puasa itu ialah pada hari kamu berpuasa, dan (Idul) Fithri itu ialah pada hari kamu berbuka. Dan (Idul) Adha (yakni hari raya menyembelih hewan-hewan kurban) itu ialah pada hari kamu menyembelih hewan. (Hadits Shahih. Dikeluarkan oleh Imam-imam: Tirmidzi No. 693, Abu Dawud No. 2324, Ibnu Majah No. 1660, ad-Daruquthni 2/163-164 dan al-Baihaqy 4/252 )

Penyembelihan hewan pada hari raya Idul Adha adalah simbol pengorbanan yang harus dilakukan setiap orang atas dirinya sendiri. Karena pada hakikatnya hewan kurban itu kita sendiri yang akan menikmati, sedangkan yang akan sampai dihadapan Nya adalah ketakwaan yang mendasari pengorbanan kita. Pengorbanan yang sebenarnya adalah pengorbanan diri atas segala sesuatu yang dimilikinya. Ketika binatang kurban disembelih melambangkan hilangnya sifat kebinatangan dalam diri kita.

“Katakanlah, Jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah aku, kemudian Allah akan mencintai kamu dan akan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah maha Pengampun, Maha Penyayang. (Ali Imran:31)”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist Nabi di atas, di tahun ini MA Sunniyyah Selo melaksanakan penyembelihan hewan Qurban berupa 1 (satu) Sapi pada tanggal 2 Agustus 2020 yang bertepatan dengan 12  Dzul hijjah 1441 H dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang di sarankan oleh Pemerintah dan kementrian Agama RI. Daging Qurban bagikan kepada Guru dan Karyawan MA Sunniyyah Selo dan Lingkungan sekitar Madrasah Aliyah Sunniyyah Selo.

(Posted by : admin)

https://developers.facebook.com/docs/plugins/comments#configurator